Tips mengatasi dan memperbaiki memori Ram yang rusak atau crash

Friday, December 20, 2013

Memori Ram merupakan perangkat komputer yang berguna untuk menyimpan data di komputer. Kadang kita tidak sadar ketika komputer tiba-tiba mengalami crash, hang dan restart sendiri tanpa alasan yang jelas, itu merupakan gejala memori Ram tersebut rusak atau crash, terkadang selang beberapa waktu akan terdengar bunyi “ beep ” yang sangat panjang ataupun pendek berkali-kali ketika Start ON komputer pertama kali menyalakan komputer.


Gejala memori rusak yang lebih parah yaitu pada saat akan booting windows yang gagal booting dikarenakan windows mendadak menjadi blank screen atau biasa di sebut BSOD. Tentunya windows anda baik win7, win xp, win 8 maupun win vista tidak akan bisa terbuka seperti biasanya. Yang anda jumpai hanya layar yang blank biru, dan akhirnya komputer restart terus berkali-kali. Sebenarnya banyak sekali gejala lainnya yang disebabkan oleh memori ram yang rusak atau crash sehingga anda berfikiran untuk menggantinya dengan yang baru, padahal tidak semua memori ram itu benar-benar rusak, bisa saja kita perbaiki kecuali rusak secara fisik cacat atau patah, sehingga bisa diperbaiki kembali.

Lalu bagaimana mengatasi dan memperbaiki memori ram yang rusak atau crash? Untuk memperbaiki memori ram bisa anda lakukan dengan menyimak tips saya kali ini. Sebenarnya anda juga bisa memperbaiki ram yang rusak itu sendiri, banyak cara yang ditempuh agar memori ram tersebut bisa baik lagi. Berikut saya berikan tips ringan yang bisa anda lakukan tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Tips mengatasi dan memperbaiki memori ram yang rusak atau crash yaitu sebagai berikut:
Cara  ( 1 )
Persiapan 
Alat dan bahan:
  1. Avometer.
  2. Memory ram yang dicurigai crash atau rusak.
  3. Sehelai Kain ( terserah mau kain apa saja yang bersih dan halus ).
  4. Penghapus pensil.

Langkah Perbaikan:
  1. Melepas/mencopot memori ram dari dudukan atau slotnya.
  2. Gosoklah pin-pin kaki memori yang berwarna kuning seperti emas memakai penghapus pensil lalu bersihkan denga sehelai kain supaya pin-pin itu terbebas dari debu sehingga memancing ion-ion di memori ram tersebut menjadi tersimulasi dan konduktor pun akan lebih aktif.
  3. Bila sudah, sekarang arahkan avometer pada Ohm ( skala pengukur hambatan ). Terserah mau yang 100k, 10k maupun 1k.
  4. Tempelkan jarum negatif ( - ) avometer, pada satu pin memori, terserah mau pin yang mana saja lalu arahkan dan gesekan gesekan jarun positif ( + ) dideretan kaki-kaki IC/Chipset memori ram itu. Gesekan kesemua kaki – kaki IC.
  5. Bila dirasa cukup sekarang pasang kembali memori ram itu ke slot atau dudukannya ( pemasangannya harus pas dan tidak boleh kendor maupun terbalik).
Note :
  • Dengan tips diatas bisa disimpulkan bahwa kita memanfaatkan aliran arus listrik dari batere avometer yang di alirkan ke sirkuit IC memori ram.
  • Prinsip kerjanya sama persis kita melakukan reset CMOS mainboard yang terkena crash dan tidak mau hidup karena ganggua naik turunnya listrik.
Cara ( 2 )
Persiapan
Alat dan bahan:
  1. Tinner B ( sebotol minyak kayu putih ).
  2. Hairdreyer / alat pengering rambut atau blower HP (bila memakai alat pengering rambut hasilnya tidak optimal ).
  3. Kuas.
Cara perbaikan :
  1. Melepas / mencopot memori ram pada slot atau dudukannya.
  2. Siramlah dengan tiner B di komponen-komponen memori ram.
  3. Bersihkan dengan kuas sampai benar-benar kelihatan bersih.
  4. Gunakan blower HP atau pengering rambut untuk mengeringkan memori ram tersebut sampai benar-benar kering dari tiner.
  5. Setelah selesai dirasa kering sekarang pasang kembali memori pada slot atau pada dudukannya seperti semula.
  6. Cek hasilnya dengan menghidupkan komputer seperti biasa, bila tidak ada gejala seperti crash, hank bahkan blue screen maka anda berhasil memperbaikinya.
Note: Cara diatas sudah saya buktikan dan 75% berhasil dan yang sisanya gagal jadi, sebelum anda mengikuti tips diatas, sebaiknya anda memahami resikonya.

2 comments

Unknown said...

tipsnya boleh di coba nih gan, trimakasih sebelumnya dan semoga bermanfaat buat semuanya

https://tipscaramenambahberatbadan.wordpress.com/

LOVELYZ TRILOGY said...

okeee pak eko
https://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-3005dt/

Post a Comment